Ketua KPU Tegaskan Tetap Optimis Selenggarakan Pemilu 2024

| Selasa, 14/02/2023 21:01 WIB
Ketua KPU Tegaskan Tetap Optimis Selenggarakan Pemilu 2024 Ketua KPU RI Hasyim Asyari (foto: kpu)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa pihaknya senantiasa bekerja atau jalan terus dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Peluncuran Kirab pemilu 2024 dan Pembacaan Deklarasi "Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa" di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 14 Februari 2024.

"Saya kira KPU jalan terus dalam menjalankan Pemilu, tidak dibayang-bayangi oleh situasi apa pun. Kami tetap optimis menyelenggarakan Pemilu," ujarnya seperti dilansir dari antaranews.

Diungkapkannya, KPU juga berkomitmen untuk mengikuti seluruh proses terkait laporan atau pengaduan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) yang ditindak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI atau dugaan pelanggaran oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

"Kalau kemudian ada pengaduan, ada laporan, entah itu ke Bawaslu, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, ya kami ikuti proses-proses tersebut," tukasnya.

Sejauh ini, KPU RI telah beberapa kali dilaporkan ke DKPP. Terbaru, DKPP telah menyelenggarakan sidang pemeriksaan perkara tentang dugaan pelanggaran KEPP yang melibatkan Hasyim dan para anggota KPU RI sebagai pihak teradu.

Tags : KPU RI , Pemilu 2024 , Bawaslu , DKPP , Indonesia