Wapres Sebut Pemerintah Terus Berupaya Bangun Kesejahteraan Kedamaian Papua

| Jum'at, 10/03/2023 18:03 WIB
Wapres Sebut Pemerintah Terus Berupaya Bangun Kesejahteraan Kedamaian Papua KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menegaskan semangat pemerintah membangun kesejahteraan dan kedamaian di Tanah Papua, tidak pernah padam. Hal itu disampaikan Kiai Maruf saat membuka acara Muktamar III Majelis Muslim Papua secara daring, Kamis, 9 Maret 2023.

"Meskipun usaha-usaha untuk menghadirkan kesejahteraan dan kedamaian di Papua bukanlah pekerjaan yang mudah, pemerintah dengan segenap daya dan upaya akan terus bekerja menghadirkan hal tersebut,” ujar Wapres.

Disampaikannya, saat ini pemerintah terus berusaha mendorong pembangunan di tanah Papua, baik pembangunan fisik berupa infrastruktur maupun pembangunan manusianya. 

"Komitmen yang ditunjukkan pemerintah tampak jelas, baik melalui kehadiran langsung Bapak Presiden yang berulang kali ke Papua, maupun melalui pembangunan yang masif di seluruh tanah Papua," tukasnya.

Selain itu, kata Wapres, selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua atau Badan Pengarah Papua dirinya juga sudah beberapa kali mengunjungi Papua untuk menyaksikan langsung progres percepatan pembangunan Papua. "Beberapa waktu lalu, terdapat pemekaran empat provinsi dengan maksud untuk memperpendek rentang kendali, sekaligus mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat di seluruh pelosok Papua," ungkap Wapres.

Lebih jauh, Wapres menyampaikan bahwa dirinya percaya, Majelis Muslim Papua dan seluruh elemen masyarakat di tanah Papua akan tetap bersama-sama mengupayakan kedamaian di tanah Papua. "Saya yakin, lima sikap dasar Majelis Muslim Papua, yakni Moderat, Toleran, Tegak, Seimbang, dan Dialog, akan menolong Papua untuk tidak terjerembap dalam kemunduran dan musibah sosial," katanya.

Sebab, menurut Wapres, masyarakat di tanah Papua telah terbiasa menghadapi dan melewati berbagai ujian yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan. "Oleh karena itu, saya menaruh harapan dan kepercayaan yang tinggi kepada Majelis Muslim Papua, untuk tidak lelah membangun usaha-usaha menghadirkan kedamaian, serta berkontribusi aktif dalam pembangunan di tanah Papua," tutur Kiai Maruf.

Wapres pun mengharapkan agar Majelis Muslim Papua terus membangun komunikasi yang jujur, setara, dan berkeadilan dengan seluruh komponen masyarakat, utamanya dengan lembagalembaga keagamaan dan adat di tanah Papua. "Kepada para ondoafi, mananwir, dan raja, serta kepala suku di seluruh tanah Papua, saya titipkan saudara-saudara Muslim Papua. Saya percaya pada nilai-nilai luhur budaya orang Papua yang menjunjung tinggi kemanusiaan," ucapnya.

Pada kesempatan ini Wapres juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para tokoh agama dan tokoh adat di tanah Papua yang terus bahu membahu melaksanakan upaya percepatan pembangunan di tanah Papua. Menurutnya, kerja sama
keduanya sangat penting selaku ujung tombak bagi percepatan pembangunan melalui pendekatan kultural dan humanis. 

"Kepada para tokoh agama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, saya harap agar jangan pernah lelah membangun komunikasi dan kerja sama dengan individu dan lembaga Islam di seluruh tanah Papua," tandasnya.

Tags : Wapres , Majelis Muslim Papua , Papua , Muktamar , Indonesia