Gandeng Universitas Trilogi, Kemnaker Ingin Tingkatkan Kualitas SDM

| Senin, 20/03/2023 17:52 WIB
Gandeng Universitas Trilogi, Kemnaker Ingin Tingkatkan Kualitas SDM Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Universitas Trilogi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pengkajian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanusi mengajak Universitas Trilogi untuk bersama-sama dengan Kemnaker menjawab berbagai tantangan ketenagakerjaan. Menurutnya, pertama, tantangan terhadap era disrupsi teknologi digital.

"Dampak dari era disrupsi teknologi terhadap ketenagakerjaan yaitu banyak jenis pekerjaan lama yang hilang, tetapi pada saat bersamaan banyak jenis pekerjaan baru yang tumbuh. Dalam menjawab persoalan ini membutuhkan sikap yang tepat," kata Anwar Sanusi di Jakarta, Sabtu, 19 Maret 2023 lalu.

Kedua, lanjut Anwar Sanusi, tantangan terkait Sumber Daya Manusia. Menurutnya, hingga saat ini angkatan kerja masih didominasi oleh angkatan kerja dengan tingkat pendidikan SMP ke bawah dengan persentase lebih tinggi 56 persen.

Selain itu, soal bonus demografi yang jika dikelolala dengan baik, bonus demografi akan mendatangkan manfaat atau keuntungan berupa pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, bonus demografi yang tidak dikelola dengan tepat akan mendatangkan masalah sosial seperti membludaknya pengangguran.

“Kami mengajak kepada Universitas Trilogi, Pak Rektor seluruh jajaran bagaimana kita berkolaborasi, bagaimana kita bisa bekerja sama untuk menciptakan berbagai SDM unggul yang banyak," tukas Anwar Sanusi.

Tags : SDM , Kemnaker , BPVP , BLK