Perdana di Indonesia Timur, RSUP Kandou Manado Berhasil Lakukan Transplantasi Ginjal

| Senin, 20/03/2023 23:44 WIB
 Perdana di Indonesia Timur, RSUP Kandou Manado Berhasil Lakukan Transplantasi Ginjal Operasi (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – RSUP Prof. Dr. dr. R.D. Kandou Manado telah berhasil melakukan transplantasi ginjal pertamanya di wilayah Indonesia bagian Timur.

Direktur Utama RSUP Kandou, Jimmy Panelewen mengatakan, keberhasilan ini, tidak terlepas dari program pengampuan layanan uro-nefro yang tengah digencarkan oleh Kementerian Kesehatan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan baik pusat maupun daerah.

“Saya bangga transplantasi ginjal pertama di RSUP Prof. Kandou bisa terlaksana dengan sukses. Operasi berjalan sangat lancar,” kata Jimmy Panelewen dalam rilis kemenkes, Minggu, 19 Maret 2023.

Jimmy mengatakan bahwa operasi transplantasi ginjal sebenarnya telah direncanakan sebelum pandemi, namun karena layanan kesehatan saat itu fokus pada penanganan COVID-19, maka tindakan ini baru bisa terlaksanakan pada awal tahun 2023.

“Operasi transplantasi ginjal dilakukan selama 4,5 jam mulai pukul 08.30 WITA sampai 13.00 WITA dengan melibatkan 7 dokter dari berbagai spesialisasi. Pasien saat ini masih di ICU, dan sedang dalam pengawasan ketat oleh tim dokter,” imbuhnya.

Pasca transplantasi, lanjut Jimmy, pasien menunjukkan perkembangan yang baik. Setelah 30 menit, pasien mampu mengeluarkan urine sebanyak 600 cc dan tiga jam setelah operasi bisa mengeluarkan urine sebanyak 1800 cc.

“RS Kandou berupaya mendukung kegiatan ini, dan Alhamdulillah kita bisa melakukannya. Ini tidak hanya keberhasilan jajaran RSUP Kandou tetapi juga didukung RSUP Cipto Mangunkusumo yang melakukan pendampingan,” tukasnya.

Tags : Operasi Transplantasi Ginjal

Berita Terkait