Pelabuhan Merak dan Ciwandan Bakal Difungsikan untuk Mudik Lebaran

| Senin, 27/03/2023 20:04 WIB
Pelabuhan Merak dan Ciwandan Bakal Difungsikan untuk Mudik Lebaran Pelabuhan Merak, Banten. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan perhatian lebih di pelabuhan penyebrangan antar pulau pada musim mudik lebaran 2023 ini.

“Setiap tahunnya saat masa mudik berlangsung Pelabuhan Merak cukup padat bahkan sampai melampaui batas,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Menhub Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, saat ini di Merak terdapat 7 pelabuhan dan terdapat tambahan 5 pelabuhan di Ciwandan. Termasuk Pelabuhan Indah Kiat bisa difungsikan pasa musim mudik tahun ini.

“Kapolri minta beberapa Pelabuhan seperti di Indah Kiat, di Bakau Jaya itu difungsikan. Sehingga, titik keberangkatan itu tidak saja di Merak tetapi ada di Ciwandan, ada di Indah Kiat, dan ada juga di Bakau Jaya,” terangnya.

Tak hanya menambah pelabuhan, lanjut Menhub Budi, namun jumlah kapal juga akan ditingkatkan. Salah satunya, menurut Menhub, adalah menggunakan kapal Pelni untuk dijadikan kapal penyeberangan dan sudah dilaksanakan sejak tahun lalu.

“Tahun lalu, ini suatu success story yang didapat oleh masyarakat, mereka merasa di dalam kapal Pelni itu mereka berwisata ya. Jadi, mereka mudik, berwisata karena kapal lebih besar juga apa yang disajikan oleh Pelni relatif lebih baik dibandingkan kapal RoRo, karena ini kan kapal penumpang,” jelasnya.

Selain itu, ungkap Budi, pemerintah juga fokus membahas penggunaan jalan tol dan jalan arteri. Pemerintah akan membatasi kendaraan barang tiga sumbu yang relatif menimbulkan kepadatan salah satunya di jalan tol maupun jalan arteri.

“Kami akan umumkan hari-hari apa saja yang tidak boleh menggunakan jalan-jalan yang ditetapkan,” tukasnya.

Tags : Mudik Lebaran , Arus Mudik , Kemenhub