Pemerintah Sediakan 2.500 Beasiswa untuk Dokter dan Nakes

| Selasa, 28/03/2023 22:44 WIB
Pemerintah Sediakan 2.500 Beasiswa untuk Dokter dan Nakes Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kesehatan Anda. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM – Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengungkapkan, Pemerintah menyediakan 2.500 beasiswa untuk dokter dan tenaga kesehatan dalam dan luar negeri.

“Upaya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter, dokter spesialis, dan fellowship di Indonesia,” kata Mohammad Syahril dalam rilisnya, Selasa, 28 Maret 2023.

Menurut Syahril, Indonesia saat ini masih mengalami kekurangan dokter spesialis yang berakibat pada antrian pasien yang panjang untuk mendapatkan penanganan dan sulitnya akses terhadap dokter di seluruh daerah di Indonesia. Menurutnya, melalui beasiswa ini pemerintah ingin mempercepat produksi dokter dan dokter spesialis untuk mengatasi kekurangan dokter.

 “Diperlukan sistem yang baru untuk meningkatkan jumlah produksi dan upaya pemerataan dokter di semua kabupaten/kota di Indonesia,” ungkap Syahril.

Syahril menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan bersama LPDP terus berupaya meningkatkan jumlah penerima beasiswa pendidikan dokter spesialis yang semula 300 menjadi 600 di tahun 2022.

“Pada 2023 menjadi 1.600, dan tahun 2024 akan disediakan sebanyak 2.500 beasiswa untuk dokter spesialis, sub-spesialis, termasuk fellowship lulusan luar negeri,” imbuhnya.

Tags : Beasiswa Kedokteran

Berita Terkait