Presiden Jokowi Dorong KTT ASEAN Bahas TPPO

| Selasa, 09/05/2023 17:06 WIB
Presiden Jokowi Dorong KTT ASEAN Bahas TPPO Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pembahasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terutama online scams pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

“Saya tegaskan bahwa kejahatan perdagangan manusia harus diberantas tuntas dari hulunya sampai ke hilir. Saya ulangi, harus diberantas tuntas,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Labuan Bajo, Senin, 8 Mei 2023.

Presiden menekankan, pemberantasan TPPO penting dibahas di KTT ASEAN karena korban kejahatan ini merupakan rakyat ASEAN, termasuk sebagian besar warga negara Indonesia (WNI).

KTT ASEAN kali ini, lanjut Presiden, akan menyepakati kerja sama dalam pemberantasan TPPO ini. “Dalam KTT nanti akan diadopsi dokumen kerja sama penanggulangan perdagangan orang akibat penyalahgunaan teknologi,” ungkapnya.

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia juga telah menyelamatkan 20 WNI korban TPPO di Myanmar. “Pemerintah Indonesia telah menyelamatkan 20 WNI korban perdagangan manusia dari Myanmar. Ini betul-betul sesuatu yang tidak mudah, karena lokasinya berada di wilayah konflik,” tukas Presiden Jokowi.

Tags : TPPO , KTT ASEAN