Garuda Indonesia Siap Berangkatkan 104 Ribu Jamaah Haji

| Jum'at, 19/05/2023 18:58 WIB
Garuda Indonesia Siap Berangkatkan 104 Ribu Jamaah Haji Jamaah Haji Indonesia. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) siap memberangkatkan 104 calon haji ke Tanah Suci Mekah pada 24 Mei 2023. Adapun keberangkatan pertama calon haji yakni dari Jakarta dan Solo.

"Sekitar 104 ribuan calon haji, yang pertama itu dari Jakarta dan Solo pada tanggal 24 Mei 2023. Jadi memang persiapan sudah kita lakukan untuk memastikan bahwa semua lancar dan jamaah bisa ke Tanah Suci dengan selamat," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra di Tangerang, Jumat, 19 Mei 2023.

Diterangkannya, dalam pemberangkatan terhadap 104 ribu calon haji itu akan mengerahkan sebanyak 14 pesawat tipe Boeing 777 dan Airbus 330. "Diterbangkan dari beberapa embarkasi langsung menuju ke Madinah/Jeddah tergantung dari jadwal," ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk keberangkatan pertama bakal dimulai dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) serta Solo di Bandara Adi Soemarmo. "Kelihatannya, yang pertama itu dari Jakarta dan Solo mulai tanggal 24 Mei pada pagi,"  tutur Irfan.

Untuk mempersiapkan pemberangkatan haji pada tahun ini, pihaknya menambah petugas dan kursi roda selama pemberangkatan jamaah haji tersebut, karena saat ini 30 persen merupakan lanjut usia (lansia). "Jadi persiapannya memang kita lakukan di setiap operasional pesawat, awak kabin/pilot kita siapkan khusus. Kemudian, tambahan petugas dilakukan dibanding kondisi normal, dilengkapi tambahan fasilitas khusus seperti kursi roda," tukasnya.

Bandara Soekarno Hatta pada musim haji 2023 ini, hanya melayani 54.992 calon haji. Pasalnya, Kementerian Perhubungan telah menetapkan 13 bandara embarkasi yang mengangkut jamaah haji tahun 1444 Hijriah ini.

Tags : Haji , Garuda Indonesia , Bandara

Berita Terkait