Marwan Dasopang Minta Pemerintah Cermat Membagi Tambahan Kuota Haji Secara Proporsional

| Senin, 22/05/2023 22:56 WIB
Marwan Dasopang Minta Pemerintah Cermat Membagi Tambahan Kuota Haji Secara Proporsional Marwan Dasopang (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM – Haji tahun 2023 ini, Indonesia mendapat 221 ribu kuota jemaah haji. Jumlah ini terdiri atas 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

Sementara itu tambahan 8000 kuota haji harus dibagi secara proporsional antara penambahan dan pendamping haji untuk jemaah lanjut usia.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang mengatakan, kuota tambahan tersebut harus dibagi dengan merata teruma untuk Jemaah lansia.

“Kementerian Agama sudah memproyeksikan 8000 jemaah ini akan dialokasikan untuk reguler namun saya minta pembagiannya harus merata antara terutama yang harus diperhatikan itu jemaah lansia,” kata Marwan Dasopang di Jakarta, Senin, 22 Mei 2023.

Sementara itu, kata Marwan Dasopang, untuk rincian biaya kuota tambahan haji reguler diusulkan sebesar Rp 288.312.382.288,42. Dia mengatakan biaya itu diambil setelah dilakukan penyesuaian.

Marwan menuturkan, jemaah haji Indonesia dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 24 Mei 2023. Gelombang pertama akan menuju Madinah untuk menjalani ibadah Arbain sebelum diberangkatkan ke Makkah.

“Memang jelas keberangkatan ini ada beberapa daerah yang belum melunasi biaya haji, namun saya minta kepada BPKH untuk mencatat daerah mana saja yang belum lunas jangan sampai salah informasi sebelumnya dicatat itu sudah lunas tetapi sekarang ada yang belum ya,” tuturnya.

Tags : Haji Indonesia 2023

Berita Terkait