Indonesia-Iran Sepakati 10 Bidang Kerja Sama

| Selasa, 23/05/2023 17:48 WIB
Indonesia-Iran Sepakati 10 Bidang Kerja Sama Presiden Jokowi dan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi melakukan pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 23 Mei 2023. Pertemuan kedua kepala negara menyepakati 10 bidang kerja sama.

Dalam pernyataan pers bersama, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kerja sama bilateral pertama terkait dengan kesehatan, yakni proyek percontohan telemedicine di Puskesmas.

"Untuk kerja sama bilateral yang pertama terkait dengan kesehatan, pilot project untuk telemedicine dan kolaborasi alat telemedicine pada 11 puskesmas telah berjalan," kata Presiden Jokowi.

Adapun sepuluh kerja sama yang disepakati Pemerintah Indonesia dan Republik Islam Iran, yakni pertama preferensi perdagangan, kedua adalah pemberantasan peredaran gelap narkotika, zat psikotropika, dan prekursornya.

Kerja sama ketiga, yakni bidang iptek dan inovasi; jaminan produk halal; pengembangan sektor energi; regulasi di bidang produk farmasi, biologi, obat tradisional, kosmetik dan pangan olahan.

Selanjutnya, kerja sama berikutnya mencakup pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas; bantuan administrasi timbal balik di bidang kepabeanan; promosi perdagangan dan program pertukaran budaya.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Ebrahim Raisi sejak dilantik sebagai
Presiden Republik Islam Iran pada 2021. Kunjungan kenegaraan Presiden Raisi ke Indonesia selama dua hari pada 23 dan 24 Mei 2023 atas undangan resmi Presiden Joko Widodo.

Tags : Jokowi , Indonesia , Iran , Kerja Sama , Kesehatan , Perdagangan