Indonesia-Tiongkok Komitmen Tingkatkan Kualitas Hubungan Ketenagakerjaan

| Rabu, 24/05/2023 21:39 WIB
Indonesia-Tiongkok Komitmen Tingkatkan Kualitas Hubungan Ketenagakerjaan Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan sekaligus SLOM Chair ASEAN, Anwar Sanusi (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berkomitmen meningkatkan kualitas hubungan ketenagakerjaan dalam kerja sama investasi di Indonesia.

Pemimpin delegasi Indonesia yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, pembahasan itu menjadi fokus dalam program benchmarking yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah RRT di RRT pada 20-30 Mei 2022.

“Kita mendorong adanya pemahaman bersama antara kedua pihak soal isu ketenagakerjaan ini,” kata Sekjen Anwar di Beijing dalam rilisnya, Rabu, 24 Mei 2023.

Anwar Sanusi menyampaikan bahwa program benchmarking ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan transfer pengetahuan dan ketrampilan pada proyek-proyek investasi Tiongkok bagi tenaga kerja Indonesia.

“Kita ingin perusahaan Tiongkok di Indonesia juga mengembangkan pendidikan vokasi. Perusahaan bisa menjadi tempat magang, dan pada akhirnya pemagang yang berkinerja baik bisa diangkat menjadi pegawai,” imbuhnya.

Anwar Sanusi menuturkan bahwa investasi yang masuk ke Indonesia umumnya didorong untuk segera terealisasi dan beroperasi. Pada tahap awal, penanam modal membawa serta teknologi sekaligus tenaga kerja yang sudah menguasai teknologi itu dari negara asal.

“Pengembangan kapasitas pekerja, termasuk transfer pengetahuan dan ketrampilan, itu program yang harus berkesinambungan dalam jangka panjang, dengan tahapan dan target yang jelas,” tukasnya.

Tags : Ketenagakerjaan , Kemnaker , RRT , Indonesia