Wapres Ajak Diaspora Indonesia di Uzbekistan Terus Perkuat Komitmen Kebangsaan

| Selasa, 13/06/2023 18:31 WIB
Wapres Ajak Diaspora Indonesia di Uzbekistan Terus Perkuat Komitmen Kebangsaan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin melakukan Dialog Kebangsaan Indonesia bersama para Diaspora Indonesia di Uzbekistan, Selasa, 13 Juni 2023. 

Wapres berpesan agar para diaspora Indonesia terus menguatkan komitmen kebangsaan, diantaranya melalui ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama di laur negeri. Menurut Wapres, perbaikan segala aspek di Indonesia, khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, salah satunya dapat didukung melalui pemanfaatan ilmu dan pengalaman tersebut.

"Diaspora Indonesia perlu menggali aspek-aspek positif di luar negeri sebagai bekal untuk mengusung perbaikan Indonesia," kata Kiai Maruf.

Selain itu, Wapres juga berpesan selama berada jauh dari kampung halaman, agar para diaspora mampu menjaga kerukunan dan harmoni dalam keberagaman. "Terus menjaga harmoni, solidaritas dan kerukunan sesama masyarakat Indonesia di luar negeri," tuturnya.

Lebih lanjut, Wapres juga turut menyisipkan pesan khusus jelang memasuki tahun politik pada pemilihan umum 2024 agar para diaspora dapat semakin menjaga dan menghargai satu sama lain, tanpa memecah ikatan kebangsaan. "Agenda Pemilu 2024 jangan sampai memecah ikatan kebangsaan, tetapi mari rayakan Pemilu dengan kegembiraan dan jauh dari sikap permusuhan," imbuhnya.

Menutup sambutannya, Wapres mendukung penuh upaya inovasi dan gagasan para diaspora Indonesia di wilayah Uzbekistan dan sekitarnya untuk dapat menjadi rujukan formulasi kebijakan nasional.

"Saya akan terus menanti gagasan, inovasi, dan pandangan dari masyarakat Indonesia di Uzbekistan dan sekitarnya, guna menjadi pengayaan formulasi kebijakan nasional, serta bagian dari agenda transformasi ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan," pungkasnya.

Tags : Wapres RI , Diaspora , Indonesia , Uzbekistan , Pemilu