Daniel Johan Dorong Penguatan Pengawasan Cegah Karhutla

| Selasa, 27/06/2023 20:22 WIB
Daniel Johan Dorong Penguatan Pengawasan Cegah Karhutla Daniel Johan (Wasekjen PKB). (Dok PKB)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendorong penguatan pengawasan di tingkat pemerintah daerah, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terus terjadi.

"Daerah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang karakteristik setempat, ketersediaan sumber daya, serta hubungan yang kuat dengan masyarakat lokal. Hal ini akan menjadi kunci dalam mencegah Karhutla," kata Daniel Johan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023.

Daniel menyampaikan bahwa berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tercatat luas Karhutla di Indonesia sepanjang tahun 2022 periode Januari-Desember sebesar 204.894 hektare (Ha). Angka kebakaran ini turun seluas 253.973 Ha atau setara dengan 42,9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat seluas 358.867 ha.

Meski terjadi penurunan, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini tetap meminta Pemerintah menyelesaikan masalah Karhutla mengingat Indonesia kaya akan sumber daya alam yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Karhutla tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga mengancam kehidupan manusia, keanekaragaman hayati, serta menyebabkan kerugian ekonomi yang besar," ucapnya.

Untuk itu, Daniel juga meminta kepada Pemerintah hingga ke lapisan masyarakat untuk terus mensosialisasikan dan eduksi terkait bahaya karhutla.

"Seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala desa, camat, bupati, dan perangkat daerah lainnya harus terus mensosialisasikan ke desa-desa yang sering mengalami kebakaran hutan dan lahan. Perlu juga persuasi dari sisi kearifan lokal,” tukas Daniel.

Tags : Karhutla

Berita Terkait