Jaga Kesehatan, Jemaah Haji Dihimbau Pakai Masker

| Selasa, 04/07/2023 18:38 WIB
Jaga Kesehatan, Jemaah Haji Dihimbau Pakai Masker Para jamaah haji wukuf di Padang Arafah. (Foto: NU Online)

RADARBANGSA.COM – Cuaca di Arab Saudi yang panas mencapai 40 derajat celcius lebih memicu kelelahan jemaah saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong merebaknya penyakit batuk dan pilek yang menerpa jemaah haji Indonesia tahun 2023 ini.

Anggota Komisi IX DPR RI, Hasnah Syam menghimbau jamaah haji Indonesia agar memakai masker terutama yang terserang batuk dan pilek. Sementara yang masih sehat juga lebih baik memakai masker demi menghindari terjadinya penularan yang meluas.

"Sebagian besar jemaah haji kita terserang penyakit batuk dan pilek bahkan dari sebelum puncak haji Armuzna. Hal ini tentu harus diwaspadai tim petugas kesehatan haji agar kesehatan jemaah tidak memburuk serta bagaimana upaya menjaga kondisi kesehatan jemaah haji setelah Armuzna,” jelas Hasnah Syam dalam keterangannya, Selasa, 4 Juli 2023.

Menurut Hasnah Syam, kondisi kelelahan menyebabkan kesehatan menurun sehingga jemaah mudah terserang batuk pilek apalagi jika tidak pakai masker. Meski tidak berbahaya, batuk pilek bisa membuat aktivitas jemaah haji menjadi tidak nyaman.

"Memang batuk pilek bisa diobati sendiri di hotel pemondokan jemaah haji tapi jangan menganggap itu sepele lalu dibiarkan saja, lebih baik ke klinik di kloternya masing-masing. Itukan ada pusat kesehatannya, langsung ke sana minta obat. Pastikan cairan tubuh tercukupi dengan banyak minum air hangat ini penting untuk mengurangi gejala batuk pilek.

“Jemaah haji perlu minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Selain itu, jemaah haji dapat mengonsumsi air lemon hangat atau sup untuk menambah asupan cairan," sambungnya.

Menurutnya, sering minum juga bertujuan untuk menghindarkan jemaah haji dari kelelahan dan dehidrasi yang dapat memicu munculnya penyakit lainnya. Istirahat yang cukup penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh jemaah haji untuk melawan virus.

"Terakhir, silahkan minum obat agar cepat sembuh dan sehat," tukas Hasnah.

Tags : Haji 2023 , DPR RI , Arab Saudi

Berita Terkait