Wapres Maruf Amin Dorong Kolaborasi Percepatan Pembangunan Papua

| Rabu, 12/07/2023 23:07 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Kolaborasi Percepatan Pembangunan Papua KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin meminta semua pemangku kepentingan untuk memperkuat kolaborasi dan partisipasi dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua. Hal tersebut dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia unggul dalam percepatan pembangunan di tanah Papua.

“Saya minta seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Tanah Papua,” kata Wapres dalam sambutannya saat mengunjungi Institut Pertambangan Nemangkawi, Mimika, Papua Tengah, Rabu, 12 Juli 2023.

Menurut Wapres, kehadiran Institut Pertambangan Nemangkawi sebagai lembaga pendidikan vokasi merupakan bentuk investasi dalam memajukan sumber daya manusia, khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP). "Saya memandang hadirnya Institut Pertambangan Nemangkawi sebagai wujud keberpihakan investasi untuk membangun tenaga kerja, utamanya orang asli Papua, dengan kapasitas yang sesuai kualifikasi dunia kerja," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres turut memberikan apresiasi kepada Bank Papua yang secara khusus memberikan kontribusinya dalam pemberdayaan masyarakat dan perekonomian daerah.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Bank Papua yang terus berkontribusi, baik dalam pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat asli Papua, maupun bagi ekonomi daerah," tutur Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres juga memberikan apresiasi kepada PT. Freeport Indonesia yang telah berkomitmen penuh dan memberikan kontribusinya terhadap pembangunan Papua melalui kehadiran Institut Pertambangan Nemangkawi.

"Saya menyampaikan apresiasi tinggi kepada jajaran PT. Freeport Indonesia yang telah berkontribusi dalam pembangunan Papua melalui pengembangan Institut Pertambangan Nemangkawi," pungkas Wapres.

Tags : Wapres RI , Papua , SDM , Institut Pertambangan Nemangkawi