Pemerintah Terus Rampungkan Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir di Pekalongan

| Kamis, 27/07/2023 23:07 WIB
Pemerintah Terus Rampungkan Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir di Pekalongan Pengendali Banjir di Pekalongan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir dan rob Sungai Loji dan Sungai Banger di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, penanganan banjir dan limpasan rob Kota Pekalongan menggunakan sistem polder dengan komponen meliputi pembangunan tanggul laut, bendung gerak, peningkatan tanggul, pembuatan kolam retensi, dan pemasangan rumah pompa.

"Biasanya polder itu berbentuk kolam, tetapi karena berada di wilayah permukiman dan tambak, kita buat long storage di mana pada bagian ujungnya kita pasang pompa," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri Basuki mengungkapkan, dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir dan rob Sungai Loji dan Sungai Banger selalu berkoordinasi dan sinergi dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya dalam menangani permasalahan sosial yang muncul.

“Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah pembebasan lahan pada pembangunan tanggul rob Pantai Degayu dan masih adanya 4 kapal rusak yang berada di trase pekerjaan parapet Sungai Loji,” ungkapnya.

Tags : Pengendali Banjir

Berita Terkait