Indonesia Inisiatif Perluas Manfaat Anggaran COVID-19 ASEAN

| Kamis, 24/08/2023 22:45 WIB
Indonesia Inisiatif Perluas Manfaat Anggaran COVID-19 ASEAN Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa inisiatif untuk memperluas pemanfaatan anggaran penanggulangan COVID-19 di negara kawasan ASEAN untuk menghadapi pandemi di masa depan. 

"Yang kemarin sudah ada untuk COVID-19, yakni ASEAN Fund for COVID-19. Total dananya sekitar 17,7 juta Dolar AS dan sudah dipakai sebagian untuk COVID-19," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi dalam konferensi pers ASEAN Finance-Health Ministers Meeting (AFHMM) di Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Pada pertemuan yang melibatkan menteri kesehatan dan menteri keuangan negara-negara kawasan ASEAN itu, Indonesia mengusulkan agar dana eksisting tersebut diperluas pemanfaatannya bukan hanya untuk COVID-19, tetapi bisa untuk menghadapi pandemi di masa depan.

"Gap (dana eksisting) tadi sudah dihitung. Tapi tadi masukan saat meeting tolong dihitungnya tidak terkotak-kotak karena masing-masing memiliki anggaran untuk respons pandemi masa depan," tuturnya.

Dikatakan Budi, dana penanggulangan COVID-19 saat ini juga tersedia di setiap negara anggota ASEAN. Inisiatif Pandemic Fund merupakan respons negara ASEAN untuk mengintegrasikan pencegahan dan respons pandemi di masing-masing negara maupun secara global.

Tags : ASEAN , Indonesia , COVID-19 , AFHMM , Dana

Berita Terkait