Menteri Basuki Hadimuljono: Sektor Air Punya Peran Penting Entaskan Kemiskinan

| Jum'at, 25/08/2023 22:08 WIB
Menteri Basuki Hadimuljono: Sektor Air Punya Peran Penting Entaskan Kemiskinan Bendungan Sadawarna (Foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sektor air berperan penting dalam pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, kesehatan, dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Menteri Basuki dalam World Water Week 2023 Asia-Pacific Focus Finance Sessions di Stockholm, Swedia belum lama ini. Menurutnya, perlu solusi yang memadai dalam pembiayaan sektor air guna memperkuat ketahanan pangan dan air akibat perubahan iklim.

"Di Indonesia khususnya, air minum, sanitasi, dan proyek pembangunan tampungan air seperti waduk hanya bergantung pada pendanaan Pemerintah Pusat (APBN) dan dana Pemerintah Daerah (APBD).  Dana ini sangat terbatas, sementara infrastruktur tersebut sangat mendesak diperlukan," kata Menteri Basuki.

Dalam mendukung penyediaan air minum, kata Menteri Basuki, pemerintah pusat mendorong berbagai skema pembiayaan seperti Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan pembiayaan campuran (blended financing) untuk proyek skala besar, hingga pembiayaan skala kecil (micro finance).

"Saat ini, sudah terdapat beberapa proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), sebagai contoh Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pekanbaru, Bandar Lampung, Semarang Barat, Umbulan, dan Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis," kata Menteri Basuki.

Tags : PUPR , Air Limbah , IPAL