Komisi VI DPR: Tol Bocimi Dorong Peningkatan Ekonomi di Jawa Barat

| Rabu, 30/08/2023 19:19 WIB
Komisi VI DPR: Tol Bocimi Dorong Peningkatan Ekonomi di Jawa Barat Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke Sukabumi (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohammad Haikal mengungkapkan, pembangunan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) akan mendorong peningkatan perekonomian di Bogor, Sukabumi serta kawasan Jawa Barat lainnya.

“Hari ini kita juga sudah sampai ke pintu tol parung kuda, ternyata tolnya memang cukup bagus. Tol ini akan beroperasi dengan baik dan memang mendorong wilayah Sukabumi serta kawasan Jawa Barat secara umumnya untuk peningkatan perekonomian,“ kata Muhammad Haikal dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Pada tahun 2023, imbuh Haikal, pembangunan tol Bocimi berhasil mencapai seksi 2. Untuk itu, Komisi VI berharap agar seksi 3 dapat selesai pada akhir tahun 2024, membuka jalan bagi beroperasinya tol ini pada awal 2025 dan merambah hingga ke Sukabumi Barat.

“Yang kita harapkan, tentunya jalan tol Bocimi bisa diteruskan. Memang kita memberikan PMN(Penyertaan Modal Negara) kepada jalan tol Bocimi, itu usulan tahun 2019 kalau tidak salah. Dan alhamdulillah pada tahun 2023 sudah bisa maju sampai ke seksi 2. Kita harapkan seksi 3-nya bisa selesai di akhir tahun 2024 sehingga bisa beroperasi di awal 2025 yang akan meneruskan seksi ini sampai ke Sukabumi Barat," imbuhnya.

Dalam konteks pelayanan masyarakat, menurut Haikal, adanya tol Bocimi dapat mengurangi waktu perjalanan yang dulu memakan waktu 5 jam menjadi hanya 2 setengah jam dari Jakarta ke Sukabumi. Peningkatan konektivitas ini diharapkan akan membuka peluang ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Jawa Barat.

"Tapi Alhamdulillah sampai di titik ini (pintu tol Parung Kuda) saja, nanti wilayah Pelabuhan Ratu akan bisa berkembang dengan pesat, kira-kira dari titik sini (pintu tol Parung Kuda) untuk menuju ke Pelabuhan Ratu tinggal 1 jam 20 menit," tukasnya.

Tags : Tol BOCIMI , Komisi VI DPR

Berita Terkait