Komisi V DPR RI Minta Menhub Tingkatkan Keselamatan Perlintasan Sebidang

| Rabu, 30/08/2023 20:22 WIB
Komisi V DPR RI Minta Menhub Tingkatkan Keselamatan Perlintasan Sebidang Lasarus (Ketua Komisi V DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi V DPR RI meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan jajaran untuk terus meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang. Mengingat, permasalahan di perlintasan antara jalan dan jalur rel kereta api tersebut hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah besar Kemenhub beserta Kementerian PUPR dan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam Rapat Kerja dengan Menhub dengan agenda pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) APBN Tahun Anggaran 2022, pembahasan RKA K/L TA 2024 dalam nota keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2024 yang digelar di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

"Ini catatan sengaja kita tambahkan, Pak. Karena ini hal yang berulang ini untuk kita mengingatkan kembali terutama di perlintasan sebidang ini menjadi PR besar di Komisi V ini, baik menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan menjadi kewenangan Pemerintah Daerah maupun yang  menjadi kewenangan Kementerian PUPR," ujar Lasarus.

Terkait hal itu, Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini mengimbau Menhub untuk meningkatkan sinergitas antara Kemenhub beserta Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah terkait.

"Sinergitas ini diperlukan untuk kiranya supaya perlintasan sebidang ini suatu hari ada progres. Dan pada akhirnya ada jalan keluar yang kita temukan tidak ada lagi perlintasan sebidang yang membahayakan di lokasi itu,” tegasnya.

Tags : DPR RI , Kemenhub , Perlintasan Sebidang , Kereta Api