Komisi IV DPR RI Minta Pemerintah Tegas Atur Pembatasan Polutan

| Kamis, 31/08/2023 21:20 WIB
Komisi IV DPR RI Minta Pemerintah Tegas Atur Pembatasan Polutan Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini meminta pemerintah serius untuk menangani masalah polusi di Indonesia. Hal itu mengingat kini tercatat sudah ada 200 ribu pasien terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Anggia menilai, harus segera ada peraturan yang mengatur dan membatasi segala produksi polutan. Terkhusus di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Negara wajib segera mengeluarkan sebuah peraturan yang bisa mengurangi polusi udara ini karena ini sudah masuk masalah nyawa ini masalah kemanusian tercatat di Kementerian Kesehatan 200 ribu pasien ISPA. (Di bulan) Maret malah mencapai 300 ribu ini terus naik nggak bisa kita biarkan harus segera ada peraturan yang mengatur," kata Anggia dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 31 Agustus 2023.

Politisi Fraksi PKB ini menungkapkan, upaya penanganan ini bisa berupa program pemerintah ataupun peraturan pemerintah yang tersinkronisasi dengan kementerian-kementerian terkait agar penangannya bisa berjalan efektif. "Pembatasan kendaraan bermotor yang standar emisi misalnya, lalu kemudian kementerian perindustrian juga harus batasi mengeluarkan atau memproduksi kendaraan bermotor nya di Jakarta ini," tukasnya.

Lebih lanjut, Anggia juga dengan tegas berharap nantinya peraturan tersebut bisa memberikan sanksi tegas, terkhusus pada perusahaan-perusahaan yang menjadi pemicu polusi udara. "Harus ada kebijakan yang berani memberikan sanksi. Harus ditutup misalnya kita kan harusnya punya untuk mengukur seberapa besar emisi yang dikeluarkan. Seberapa besar kerusakan yang dikeluarkan dari perusahaan itu," pungkasnya. 

Tags : DPR RI , ISPA , Polutan , Jakarta , Aturan