PLN Pastikan Pasokan Listrik untuk KTT ke-43 ASEAN Aman

| Jum'at, 01/09/2023 16:50 WIB
PLN Pastikan Pasokan Listrik untuk KTT ke-43 ASEAN Aman Logo KTT ASEAN 2023. (Foto: Bloomberg Technoz)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus mempersiapkan kelancaran kegiatan KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang. Untuk itu, Direktur Utama (Dirut) PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan ketersediaan dan pasokan listrik selama kegiatan tersebut aman.

"Minggu depan, KTT ASEAN akan dilaksanakan. Ini adalah tugas kita, menjaga keamanan dan ketahanan kelistrikan KTT ASEAN. Untuk itu, kami pastikan seluruh personel kami siap untuk menyukseskan KTT ini," ujar Darmawan Prasodjo, dikutip dari laman resmi Setkab RI, Jumat, 1 September 2023.

Ia meyakini, pengalaman di berbagai kegiatan besar, mulai dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Perayaan Natal dan Tahun Baru, Idulfitri, hingga KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo membuat kapasitas tim PLN semakin mumpuni.

"Biasanya untuk event seperti ini persiapannya berbulan-bulan. Namun dengan pengalaman yang kami miliki, persiapan di KTT ASEAN ini hanya kurang dari satu bulan. Kami memberlakukan masa siaga kelistrikan sejak 25 Agustus hingga 7 September 2023 dengan memastikan sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi, hingga seluruh personel siap untuk menyukseskan KTT ini," terangnya.

Darmawan menegaskan, untuk pembangkit yang memasok sistem Jakarta saat ini hari operasional pembangkit (HOP) di atas 15 hari. Selain itu, sebanyak 13 gardu induk yang menjadi tulang punggung jaringan transmisi juga dalam posisi yang prima dan tanpa gangguan.

"PLN juga menerapkan protokol anti blackout dan kami lakukan sistem pengaturan beban yang responsif lewat automatic changing dari satu sistem ke sistem lainnya. Sehingga, seluruh sistem jaringan dalam posisi secure," tukasnya.

Darmawan menungkapkan, PLN akan selalu memberikan kinerja operasional terbaik untuk mendukung seluruh ajang internasional di Indonesia. PLN juga siap menjadi garda terdepan untuk mengawal kesuksesan setiap acara dan menjaga wajah Indonesia di mata dunia.

"KTT ASEAN ini akan menjadi wajah Indonesia di mata dunia. PLN siap all out menyukseskan event internasional ini dengan menghadirkan layanan kelistrikan tanpa kedip atau zero down time," tandasnya.

Tags : KTT ASEAN , PLN , Listrik , Jakarta , Indonesia

Berita Terkait