Presiden Jokowi Buka ASEAN-Indo Facific Forum di Jakarta

| Selasa, 05/09/2023 16:47 WIB
Presiden Jokowi Buka ASEAN-Indo Facific Forum di Jakarta Presiden Jokowi bersama pemimpin negara-negara ASEAN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (05/09/2023).

Pada acara yang bertajuk “Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific” ini, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa gelaran AIPF merupakan salah satu highlight Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 untuk meningkatkan kerja sama ASEAN dengan negara mitra di kawasan Indo-Pasifik.

“Kawasan kita tidak imun dari berbagai tantangan global dan rivalitas geopolitik yang menajam, khususnya potensi konflik di Indo-Pasifik. Untuk itu, ASEAN-Indo-Pacific Forum hadir untuk mengubah rivalitas di Indo-Pasifik menjadi kerja sama yang bermanfaat, serta membangun habit of cooperation yang win-win formula, tanpa satu pun merasa dikucilkan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa AIPF memiliki tiga agenda utama. Pertama, infrastruktur hijau dan rantai pasok yang resilient, di antaranya melalui hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Kedua, pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif.

“ASEAN membutuhkan 29,4 triliun US Dollar untuk transisi energi, dan dibutuhkan skema pembiayaan yang inovatif melalui kemitraan yang profitable dan sustainable,” ujar Presiden Jokowi.

Terakhir, lanjut Presiden Jokowi, transformasi digital dan ekonomi kreatif. “Ekonomi digital di ASEAN di tahun 2030 diperkirakan tumbuh hingga 1 triliun US Dollar, dan adopsi inovasi digital perlu diperkuat untuk mendukung ekonomi kreatif dan UMKM,” ujarnya.

Tags : AIPF , ASEAN , Indo Pacific

Berita Terkait