Pimpin KTT ASEAN Plus Three, Jokowi Ungkap Pentingnya Jaga Perdamaian Kawasan

| Rabu, 06/09/2023 19:17 WIB
Pimpin KTT ASEAN Plus Three, Jokowi Ungkap Pentingnya Jaga Perdamaian Kawasan KTT ASEAN Plus Three (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN Plus Three (APT) yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (06/09/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa selama lebih dari dua dekade, ASEAN Plus Three telah membuahkan banyak hasil dan menjadi motor pertumbuhan di kawasan. Namun, Presiden tidak ingin berpuas diri dengan keberhasilan tersebut.

“Kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru, di mana pembangunan ekonomi hijau jadi salah satu prioritas ke depan,” kata Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, pertemuan tersebut dihadiri oleh pemimpin negara ASEAN, Premier Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang, Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol, dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

“ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV baterai dan ASEAN-Indo-Pacific Forum. Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan,” imbuh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengingatkan terkait stabilitas di kawasan agar terus dijaga dengan baik agat tidak menggangu pertumbuhan ekonomi di kawasan.

“Saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dengan terus menghormati hukum internasional,” ucapnya.

Tags : ASEAN , KTT