Gus Imin: Sunan Gunung Jati Satukan Ajaran Islam dengan Budaya Lokal

| Jum'at, 08/09/2023 18:39 WIB
Gus Imin: Sunan Gunung Jati Satukan Ajaran Islam dengan Budaya Lokal Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengikuti Tour de Wali Songo mulai 8-9 September 2023. Adapun tempat pertama Tour de Wali Songo adalah ziarah makam Sunan Gunung Jati.

"Ini lah tempat pertama Tour de Wali Songo. Di mana beliau Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah ulama, wali sekaligus raja. Beliau adalah pembawa Islam, dakwah dan membangun negara," kata Gus Imin di Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati, Jumat, September 2023.

Wakil Ketua DPR RI itu menyampaikan, Sunan Gunung Jati telah berhasil menyebarkan ajaran Islam dengan damai dan ramah. Serta mampu menyatukan dengan budaya dan tradisi lokal.

"Di dalam keberhasilan beliau, telah menyatukan ajaran Islam dengan tradisi dan budaya lokal setempat sehingga tidak pernah ada benturan antara ajaran Islam dan tradisi lokal," tuturnya.

"Itu lah yang disebut asimilasi sukses sehingga terbentuklah Islam Indonesia ini yang damai dan ramah yang disebut rahmatan lil 'al-amin atau Islam Nusantara," tambahnya.

Gus Imin mengungkapkan, hal tersebut menjadi tujuan napak tilas Wali Songo yang dilakukan oleh PKB. 

"Dari kesuksesan itu kita napak tilas. Bangsa ini sudah dibangunkan fondasinya oleh para wali. Sehingga kita jangan berantem, tidak ada cebong kampret, tidak ada lagi kanan kiri. Semuanya anak bangsa, semuanya punya kesempatan yang sama, bahu membahu melanjutkan persatuan dalam pembangunan," tandasnya.

Tags : Gus Imin , Wali Songo , Islam , Indonesia