Menteri PUPR Sebut 2,2 Miliar Orang di Dunia Belum Punya Akses Layanan Air Minum

| Rabu, 13/09/2023 16:25 WIB
Menteri PUPR Sebut 2,2 Miliar Orang di Dunia Belum Punya Akses Layanan Air Minum Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa 2,2 miliar orang di dunia belum memiliki akses air minum. Untuk itu, Basuki mendorong pemerintah/kepala negara di dunia untuk menempatkan isu air bersih dan sanitasi sebagai salah satu agenda prioritas, sesuai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) ke-6.

Menurutnya, kebutuhan air secara global telah meningkat tajam, sejalan dengan pertumbuhan populasi dan industri. Sementara kualitas dan ketersediaan air yang berkelanjutan semakin sulit karena degradasi lingkungan dan perubahan iklim.

"Tercatat sekitar 27% atau 2,2 miliar orang di dunia belum memiliki akses layanan air minum yang aman pada tahun 2022. Sedangkan jumlah orang yang belum memiliki akses layanan sanitasi yang aman mencapai 43% atau 3,5 miliar orang pada tahun 2022," ujar Menteri Basuki pada acara The 3rd Global Water Security Seminar Implementation of SDG 6 Progress and Monitoring di Beijing, China dikutip dari okezone.com, Rabu, 13 September 2023.

Disampaikannya, Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk mencapai target SDGs ke-6 dan telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses air minum dan sanitasi yang aman dan memadai. 

"Hingga tahun 2022 ini, Pemerintah Indonesia telah membuat langkah yang signifikan dengan berbagai program penyediaan air bersih perkotaan dan perdesaan. Saat ini akses air bersih telah mencapai 90%, sedangkan sanitasi mencapai sekitar 80%. Pencapaian ini mencerminkan komitmen Indonesia untuk memastikan lingkungan yang lebih sehat dan bersih bagi semua orang," tukasnya.

Menteri Basuki berharap World Water Congress XVIII yang berlangsung di Beijing ini dapat memperkuat dan menyatukan komitmen global dalam mewujudkan agenda-agenda terkait air. Ia juga mendorong hasil kongres ini dapat berlanjut dalam World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 di Bali, Indonesia.

Tags : PUPR , Air Minum , Sanitasi , SDGs , Indonesia