Wapres Maruf Amin Dorong Media dan Parpol Jaga Kesejukan Pemilu 2024

| Rabu, 13/09/2023 21:01 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Media dan Parpol Jaga Kesejukan Pemilu 2024 KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menyampaikan bahwa peran media dan partai politik sangat penting untuk menjaga kesejukan dan integritas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Indonesia akan melaksanakan Pemilu secara serentak dengan Pilpres tahun depan serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Untuk itu, Wapres meminta media memberikan kemudahan dan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Menurutnya, hal itu merupakan unsur penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilu yang jujur, damai, dan demokratis.

"Media penyiaran menduduki posisi strategis untuk meningkatkan literasi dan pendidikan politik warga negara secara sehat, dan memberikan pengetahuan agar memilih pemimpin yang berkualitas, menjauhi politik uang dan politik identitas, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan," kata Wapres seperti dikutip dari laman resmi Wapres RI, Rabu, 13 September 2023.

Selanjutnya, Wapres juga menyoroti peran media televisi dalam menyebarkan informasi terkait pemilu sekaligus menekankan tanggung jawabnya dalam menghindari penyebaran berita bohong (hoaks) dan fitnah.

"Di sinilah televisi swasta nasional berperan signifikan untuk menyiarkan berbagai informasi terkait pemilu, sekaligus mengajak masyarakat berpartisipasi menyukseskan pemilu, menjaga iklim yang kondusif, menghormati perbedaan pilihan dan pandangan politik, serta tidak menyebarkan informasi yang bersifat hoaks, fitnah, kampanye hitam, dan adu domba, termasuk di media sosial," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga meminta partai politik (Parpol) sebagai kontestan Pemilu untuk terus membawa kesejukan dalam setiap tahapan Pemilu. Selain itu, sebagai institusi yang juga berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Wapres mendorong parpol untuk menjaga suasana damai yang akan meningkatkan partisipasi dan pemahaman masyarakat mengenai perbedaan pandangan politik.

"Saya juga berpesan kepada partai politik untuk selalu membawa kesejukan menjelang pemilu. Seluruh tahapan menuju pemilu hendaknya senantiasa dilakukan dalam situasi yang damai, sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan menikmati proses demokrasi yang menyenangkan dan berbalut persatuan nasional," tuturnya.

Wapres juga mengingatkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai unsur penyelenggara Pemilu, termasuk juga kepada seluruh jajaran birokrasi, TNI, dan Polri untuk menjaga netralitas dan mencegah kecurangan yang dapat merusak kredibilitas Pemilu 2024.

"Pastikan tidak ada keberpihakan dan kecurangan yang dapat mengurangi kredibilitas dan akuntabilitas Pemilu. Jika ada gugatan dan sejenisnya, agar diproses melalui mekanisme sesuai dengan perundangan yang berlaku," tandasnya.

Tags : Wapres RI , Pemilu , Pilkada , Media , Parpol