Menaker Ida Fauziyah Lepas 2.000 Peserta Pemagangan ke Jepang

| Kamis, 21/09/2023 20:33 WIB
Menaker Ida Fauziyah Lepas 2.000 Peserta Pemagangan ke Jepang Peserta pemagangan ke Jepang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah melepas 2.000 peserta pemagangan ke Jepang, di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa sebanyak 2.000 peserta pemagangan ke Jepang yang hari ini dilepas berasal dari Lembaga Pelatihan Kerja atau Sending Organization di Jabodetabek.

“Program pemagangan ini sangat diminati masyarakat,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Bahkan, kata Wakil Ketua Umum PKB itu, berdasarkan laporan yang diterimanya, peserta yang mendaftar program ini mencapai 2.500 orang. "Ini menunjukkan betapa tingginya antusiasme angkatan kerja kita dalam meningkatan kompetensi melalui program pemagangan ke Jepang," katanya.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, program pemagangan ke Jepang sudah dilakukan Pemerintah Indonesia sejak 1993 hingga tahun 2023, dan telah lebih dari 103.000 alumni yang berhasil menyelesaikan program pemagangan dengan baik.

“Kemnaker akan terus memasifikasi program pemagangan ke Jepang untuk memaksimalkan pembangunan SDM menuju Indonesia Maju,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ida Fauziyah mengungkapkan, Kemnaker bekerja sama dengan IM Japan telah melaksanakan berbagai program pendukung pemagangan ke Jepang, dengan program terkini berupa Bantuan Subsidi Pra Pemberangkatan senilai 100.000 Yen kepada calon peserta pemagangan.

“Para peserta tersebut sudah dipastikan keberangkatannya dalam program magang ke Jepang serta Program Dana Usaha Mandiri senilai hingga 900.000 Yen bagi peserta magang yang telah menyelesaikan program magang ke Jepang baik selama 3 tahun maupun 5 tahun,” tukas Menaker Ida Fauziyah.

Tags : Pemagangan ke Jepang , Kemnaker

Berita Terkait