Wapres Ma`ruf Amin Minta 25 Kabupaten Tertinggal Terentaskan di 2024 Mendatang

| Rabu, 04/10/2023 22:06 WIB
Wapres Ma`ruf Amin Minta 25 Kabupaten Tertinggal Terentaskan di 2024 Mendatang Wapres KH Maruf Amin (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan percepatan pembangunan daerah tertinggal merupakan bentuk nyata keberpihakan pemerintah terhadap kabupaten yang masih tertinggal. Oleh karena itu 25 kabupaten tertinggal diharapkan terentaskan di 2024.

"Saya melihat sejumlah kementerian dan lembaga yang terlibat dalam mempercepat pengentasan daerah tertinggal terus meningkat. Berbagai program dan kegiatan diformulasikan guna mendukung 62 kabupaten atas upaya untuk mengentaskan daerah yang tertinggal," kata Wapres Ma'ruf Amin di Palu, Selasa, 3 Oktober 2023.

Menurut Wapres, mengentaskan daerah tertinggal ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 yaitu menjadi bangsa yang maju dan sejahtera disertai dengan generasi produktif, berkualitas dan mampu bersaing dengan bangsa maju lainnya.

"Dalam menuju visi tersebut, isu pemerataan kewilayahan, penanggulangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrim serta percepatan pembangunan daerah tertinggal, daerah terluar dan terdepan atau daerah 3 T menjadi fokus pemerintah saat ini," imbuhnya.

Wapres mengungkapkan bahwa pada 2019 telah ditetapkan 62 kabupaten sebagai daerah tertinggal yang menjadi acuan bagi pemerintah agar fokus dan memberikan perhatian lebih hingga 2024.

"Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi dan mengupayakan semaksimal mungkin," tukasnya.

Tags : Kabupaten Tertinggal

Berita Terkait