Resmikan KPN Sulteng, Wapres Harap Tingkatkan Kebutuhan Pangan di Sulawesi

| Kamis, 05/10/2023 21:18 WIB
Resmikan KPN Sulteng, Wapres Harap Tingkatkan Kebutuhan Pangan di Sulawesi Wapres Maruf Amin bersama Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat meresmikan KPN Donggala Sulteng (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) seluas 1.123 hektare di Desa Talaga, Kecamatan Dampalas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu, 4 Oktober 2023.

Dalam arahannya, Ma'ruf Amin menegaskan, keberadaan KPN harus mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui penguatan sentra produksi pangan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sektor pangan, mendekatkan akses modal serta memperkuat daya saing produk lokal dan kelembagaan.

"Tanpa meninggalkan semangat untuk menjaga kelestarian ekologi,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menuturkan bahwa KPN Sulteng yang letak geografisnya dekat dengan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) juga akan berperan penting untuk memenuhi kebutuhan pangan di IKN di Provinsi Kalimantan Timur yang penduduknya akan semakin meningkat.

"Sekaligus memberikan dukungan, utamanya dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan dengan tetap menjaga kebutuhan Provinsi Sulawesi Tengah, maupun Kabupaten Donggala," tukasnya.

Tak lupa, Ma’ruf Amin juga berpesan agar pengembangan KPN tidak melupakan masyarakat sekitar yang berada di dekat lokasi. Lebih dari itu, katanya, keberadaan KPN diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Donggala pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Saya menaruh harapan, agar pembangunan dan pengelolaan Kawasan Pangan Nusantara melibatkan masyarakat setempat melalui kelompok tani, gabungan kelompok tani atau korporasi petani, serta tetap mengedepankan keluhuran nilai-nilai dan kearifan local,” tukasnya.

Tags : KPN Donggala , Sulteng , Wapres RI

Berita Terkait