Pemerintah Lanjutkan Pekerjaan Pemeliharaan Tiga Danau di Kapuas Hulu

| Kamis, 12/10/2023 22:14 WIB
Pemerintah Lanjutkan Pekerjaan Pemeliharaan Tiga Danau di Kapuas Hulu Perbaikan danau di Kapuas Hulu (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melanjutkan pekerjaan pemeliharaan 3 (tiga) buah danau yaitu, Danau Sinau, Danau Jaras, dan Danau Selanyut yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air, Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, kegiatan pemeliharaan dilakukan untuk memberikan dampak signifikan dalam meminimalisir banjir di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dan sekitarnya.

"Jika musim hujan disini memang sering banjir, sekarang hujan berhari-hari pun airnya tidak meluap langsung ke pemukiman warg, karena airnya cepat surut," kata Muhammad Adek Rizaldi dalam rilisnya, Kamis, 12 Oktober 2023.

Begitu juga Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 Pramono yang menerangkan bahwa ada tiga danau yang tengah dalam pekerjaan pemeliharaan secara berkala yaitu, Danau Sinau seluas 11,67 hektar, Danau Jaras seluas 29,50 hektar, dan Danau Selanyut seluas 18,98 hektar.

"Pekerjaan pemeliharaan tiga danau tersebut berupa; galian gulma padat, pengangkatan gulma apung, dan landscaping," terang Pramono.

Sementara Ketua Komisi V DPR RI Lasarus yang mimpin Kunker mengapresiasi upaya yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Kalimantan 1 untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan danau di Kapuas Hulu karena dampaknya luar biasa.

“Hujan berhari-hari pun airnya tidak meluap kepermukiman, karena airnya cepat surut," tutur Lasarus.

Tags : PUPR , Kapuas Hulu