Kemnaker Komitmen Berdayakan Masyarakat di Sekitar IKN

| Jum'at, 13/10/2023 18:40 WIB
Kemnaker Komitmen Berdayakan Masyarakat di Sekitar IKN Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di kawasan IKN.

"Agar warga lokal tidak hanya jadi penonton, kira harus memastikan agar warga Kalimantan Timur pada umumnya dan warga Sepaku pada khususnya dapat menjadi aktor-aktor ekonomi dan pembangunan," kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa dalam rilis kemnaker, Jumat, 13 Oktober 2023.

Caswi mengatakan, untuk memberdayakan warga sekitar IKN, pihaknya telah menjalankan program PKK Berbasis Kawasan. Program ini dijalankan di dua lokasi yaitu Kecamatan Waru dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Melalui PKK Berbasis Kawasan, Kemnaker mengintegrasikan pelatihan dengan pengembangan kewirausahaan dalam suatu ekosistem yang terpadu," katanya.

Selain meninjau program PKK Berbasis Kawasan, pihaknya mengunjungi TKM pengolahan makanan di Desa Pemaluan, TKM pertanian Hidroponik Nusantara dan TKM Batik Sepaku Nusantara di Desa Bukitraya, sera meninjau proses pembangunan BLK Komunitas di Desa Sukaraja, Sepaku.

"Desa-desa itu merupakan desa penyangga utama IKN, yang kita dorong agar masyarakatnya dapat memainkan peranan di IKN," tukas Caswi.

Tags : IKN , Kemnaker

Berita Terkait