Pemerintah Bangun Pengaman Pantai di Provinsi Sulawesi Tenggara

| Selasa, 24/10/2023 20:01 WIB
Pemerintah Bangun Pengaman Pantai di Provinsi Sulawesi Tenggara Pengaman pantai di Sulawedi Tenggara (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah bakal membangun pengamanan garis pantai di Pantai Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan pengaman pantai akan melindungi pantai dari resiko abrasi dan erosi akibat terjangan ombak, sehingga akan melestarikan vegetasi dan kawasan permukiman di sekitar pantai.

"Setelah proses desain, saya minta terlebih dulu agar dilanjutkan dengan permodelan fisik untuk simulasi. Dimantapkan desainnya dengan permodelan fisik, sehingga pengaman pantai yang dibangun nanti akan berfungsi optimal," kata Menteri PUPR Basuki dalam rilisnya, Selasa, 24 Oktober 2023.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa pihaknya juga tengah menyiapkan Pembangunan Pengaman Pantai Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Pembangunan pengaman pantai tersebut juga mendukung Penanganan Jalan Bypass Lasusua - Tobaku sepanjang 10,33 km oleh BPJN Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Bina Marga.

“Untuk kerusakan jalan di Bypass Pantai Lasusua sudah ditangani. Kementerian PUPR juga akan menyiapkan pembangunan pengamanan pantainya. Jadi nanti ada groin dan breakwater yang akan dipasang supaya tidak terkena abrasi. Kita harap 2024 bisa dimulai karena sudah masuk dalam program penganggaran,” tukasnya.

Tags : PUPR