Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair Nasional Kemnaker

| Sabtu, 28/10/2023 16:01 WIB
Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair Nasional Kemnaker Job Fair Kemnaker (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Ribuan pencari kerja memadati Job Fair Nasional 2023 yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan pada Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Job fair nasional ini digelar pada 27-29 Oktober 2023.

Dalam pameran ini, berbagai replika kejuruan yang menjadi modalitas Kemnaker dalam menyelenggarakan pelatihan vokasi lengkap dengan peralatan dan produk yang dihasilkan dihadirkan, di antaranya adalah kejuruan Automotive (teknik otomotif, alat berat), Electrical (refrigrasi, elektronik, listrik), Manufacture, Mechanical (tekniklas), Construction (bangunan), Tourism, Smart Farming, Fashion Technology, Creative Industry, dan IT for Bussiness.

Dalam job fair ini tersedia 56.566 lowongan pekerjaan dari 135 perusahaan, dan 10 perusahaan di antaranya membuka lowongan kerja untuk penyandang disabilitas.

Salah satu pengunjung pameran, Asrof (26) mengaku antusias menghadiri pameran. Ia mengatakan pamerannya sangat menarik, khususnya pameran terkait teknologi. "Tadi saya sudah berkeliling, khususnya di booth BPVP Surakarta tentang 3D Animation Pipeline. Saya tertarik sama animasi," ucap Asrof.

Begitu juga pengunjung lain, Riyan (24) asal Tangerang, Banten. Ia datang ke job fair untuk mencari kesempatan dan peluang karir yang lebih baik buat ke depannya. Ia mengaku sudah mengelilingi booth-booth pemberi kerja atau perusahaan yang ada di area job fair. Bahkan, ia telah melamar ke beberapa perusahaan.

"Tadi saya sudah beberapa langsung melamar offline. Ada juga yang online lewat google form atau website-nya. Jadi ke sini saya bawa lamaran, ada lamaran fisik, ada yang soft file," ucap Riyan.

Tags : Job Fair , Kemnaker

Berita Terkait