Jokowi Ajak Makan Siang Tiga Capres, Gus Imin: Kepala Negara Harus Netral

| Senin, 30/10/2023 19:43 WIB
Jokowi Ajak Makan Siang Tiga Capres, Gus Imin: Kepala Negara Harus Netral Cawapres RI yang juga Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang makan siang tiga calon presiden (Capres) RI yakni Anies R. Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023. 

Menanggapi hal itu, calon wakil presiden (Cawapres) RI, Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengatakan, Presiden Jokowi sebagai kepala negara dalam pemilihan umum 2024 atau Pemilihan Presiden (Pilpres) harus netral.

“Pak Jokowi sebagai kepala negara atau kepala pemerintahan tentu harus netral se netral-netralnya,” kata Gus Imin saat melakukan kunjungan ke Malang, Jawa Timur. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap makan siang dengan ketiga capres tersebut merupakan komitmen Presiden Jokowi dalam menjaga sikap netral dalam menghadapi Pilpres ini.

“Dan saya berharap makan siang hari ini adalah komitmen presiden bahwa beliau akan netral,” harapnya.

Lebih lanjut, Cawapres dari Koalisi Perubahan yang diusung oleh PKB, Nasdem dan PKS itu menyampaikan bahwa sikap netral telah diajarkan agama. Menurutnya, perintah agama itu adalah harus adil meskipun kepada putranya.

“Islam mengajarkan harus adil meskipun kepada anaknya. Kalau ngaku Islam. Kalau Islam itu perintahnya adalah bersifat adil meskipun kepada anaknya,” tukasnya.

Tags : Gus Imin , PKB , Cawapres RI