Diskusi Bersama Buruh SKT, Gus Imin Perjuangkan Cukai Tak Naik

| Senin, 30/10/2023 19:50 WIB
Diskusi Bersama Buruh SKT, Gus Imin Perjuangkan Cukai Tak Naik Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar saat berdiskusi dengan pengusaha dan karyawan industri rokok di Malang (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI, Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengunjungi Pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) Indo Kretek, Sidorejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 30 Oktober 2023.

Dalam sambutannya di acara Diskusi Kewirausahaan Pengusaha & Karyawan Rokok SKT, Gus Imin akan mengupayakan agar cukai tidak naik lagi.

"Saya pulang dari sini akan berusaha supaya cukai tidak munggah-munggah (naik-naik) lagi. Amin," kata Gus Imin.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini mengungkapkan, pihaknya akan berusaha agar industri SKT tidak tergerus dengan pabrik industri yang lebih besar. Untuk itu, Ia meminta pemerintah untuk memperhatikan industri lokal. 

"Menyangkut cukai ini, nanti kita berikhtiar berusaha untuk berkembangnya SKT di Indonesia. Bertahan tidak tergusur oleh industri kimia-kimia, apalagi perusahaan global yang akan semakin memojokkan industri lokal seperti industri Indo Kretek di tempat ini harus dipertahankan," paparnya. 

Dalam pertemuan yang dihadiri Anggota DPR RI FPKB, Hasanuddin Wahid, Gus Imin juga meminta doa dan dukungan dari para pekerja Indo Kretek untuk mengawal perjuangannya. 

"Saya mohon doanya supaya perjuangan saya lancar dan saya ingin menambahkan perkenalan saya. Saya insya Allah Pemilu 2024, saya nyalon Wakil Presiden. Saya bersama mas Anies Baswedan," tuturnya. 

Gus Imin berharap, industri lokal tidak terbebani dengan kebijakan cukai yang tinggi. Sebab, lanjutnya, mestinya cukai itu diperuntukkan bagi pabrik bersumber daya mesin. 

"Salah satu SKT tangan ini memiliki beban berat di cukai. Kita berharap cukai yang pabrik mesin yang harus ditinggikan, tapi cukai yang masih padat karya yang masih melibatkan tenaga tangan ini harus mendapatkan afirmasi dari pemerintah," imbuhnya.

Tags : Gus Imin , PKB , Cawapres RI