DPR RI Dorong Pemerintah Ambil langkah Diplomasi Akhiri Konflik Hamas-Israel

| Selasa, 31/10/2023 19:35 WIB
DPR RI Dorong Pemerintah Ambil langkah Diplomasi Akhiri Konflik Hamas-Israel Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan komitmen DPR RI dalam mendukung kemerdekaan Palestina serta berakhirnya konflik berkepanjangan Israel dan kelompok militan Palestina (Hamas). Puan mengatakan, Parlemen Indonesia terus mendorong pemerintah segera mengambil langkah diplomasi untuk memberikan keadilan untuk Palestina.

"Merespons konflik bersenjata yang terjadi antara Israel dan kelompok militan Palestina (Hamas) yang telah menewaskan ribuan orang, DPR RI terus mendorong Pemerintah untuk mengambil langkah diplomasi dalam mendukung penyelesaian yang adil bagi Palestina," kata Puan dalam pidatonya saat rapat Paripurna DPR RI ke-8 Masa Persidangan II di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Diungkapkannya, DPR terus menyuarakan pengakuan internasional terhadap kedaulatan rakyat Palestina. Pada masa persidangan, lanjut Puan, DPR RI akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan berbagai negara, yaitu Korea Selatan, Afrika Selatan, Polandia, serta Uni Eropa. 

"DPR RI akan terus berupaya untuk dapat melaksanakan tugas diplomasi antarparlemen, sehingga Indonesia memiliki posisi politik luar negeri yang semakin kuat," tegas Puan.

Sebagai bentuk dukungan, sejumlah anggota DPR RI mengenakan syal bergambar bendera Palestina saat hadiri rapat Paripurna. Aksi kemanusiaan ini digagas Grup Kerja Sama Bilateral BKSAP DPR RI-Parlemen Palestina bersama Yayasan Persahabatan dan studi peradaban dengan membagikan syal Palestina kepada peserta rapat paripurna.

Tags : DPR RI , Palestina , Israel , Konflik , Indonesia