Cegah Cacar Monyet, Komisi IX DPR Minta Pemerintah Perluas Vaksinasi Hingga Tracing

| Rabu, 08/11/2023 21:27 WIB
Cegah Cacar Monyet, Komisi IX DPR Minta Pemerintah Perluas Vaksinasi Hingga Tracing Ilustrasi penyakit monkeypox (foto beritahaticom)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto mendorong Pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan perluasan vaksinasi hingga tracing kepada kelompok berisiko untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet atau monkeypox (Mpox).

“Lakukan active case finding. Jadi tidak menunggu pasien datang tapi datangi kelompok berisiko dan lakukan deteksi,” kata Edy Wuryanto dikutip laman dpr, Rabu, 8 November 2023.

Edy mengungkapkan, kasus monkeypox di Indonesia dalam beberapa pekan terus mengalami peningkatan. Tercatat, jumlah kasus cacar monyet di Indonesia saat ini mencapai 35 kasus. Menurutnya, Kemenkes punya kewenangan untuk melakukan intervensi untuk melakukan active case finding.

“Mereka bisa mendatangi kelompok berisiko dan orang di sekitar pasien monkeypox yang berpotensi tertular. Dengan kewenangan kemenkes ini, seharusnya tidak ada penolakan untuk melakukan active case finding,” imbuhnya.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja bersama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan penyebaran cacar monyet sudah meluas tidak hanya di DKI Jakarta, melainkan di Banten dan Jawa Barat.

"Mpox di kita per kemarin itu ada 34 kasus. Ini menyebar dari Jakarta ke Banten dan Jawa Barat. Tahun lalu naik di seluruh dunia, makin ke sini Indonesia ditemukan tahun lalu. Kena satu kasus, imported case dari dari Singapura, tetapi sekarang itu di Jakarta sudah penularan lokal," tukasnya.

Tags : Komisi IX DPR , Cacar Monyet

Berita Terkait