Konferensi Asia Pasifik Pariwisata 4.0 Jadi Pendorong Perubahan dalam Pembangunan Pedesaan

| Kamis, 09/11/2023 15:41 WIB
Konferensi Asia Pasifik Pariwisata 4.0 Jadi Pendorong Perubahan dalam Pembangunan Pedesaan Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid membuka kegiatan Conference on Tourism 4.0 for Rural Development di Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Dalam kesempatan itu, Taufik Madjid mengungkapkan, pariwisata 4.0 mewakili paradigma baru dalam sektor pariwisata yang mengintegrasikan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), analitika data, dan jaringan sosial dengan keberlanjutan.

"Hal ini telah sejalan dengan pertumbuhan produktivitas yang berbasis inovasi di wilayah Asia Pasifik," kata Taufik Madjid.

Taufik juga mengungkapkan bahwa preferensi para wisatawan telah berkembang dan cenderung memilih destinasi pedesaan yang menawarkan udara bersih, privasi, dan kerumunan yang lebih sedikit. Sehingga dalam konferensi ini dapat memperkenalkan pariwisata 4.0, dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pariwisata dan keberlanjutan.

"Dengan mengoptimalkan penggunaan energi, pengelolaan limbah, dan penggunaan air di fasilitas pariwisata, serta menggunakan analitika data untuk meningkatkan perencanaan dan pengambilan keputusan," ungkapnya.

Sekjen Taufik berharap konferensi ini akan menjadi pendorong perubahan berarti dalam pembangunan pedesaan melalui Pariwisata 4.0. "Ketika kita berkumpul dan bertukar wawasan, harapan saya adalah pengetahuan yang diperoleh disini akan merambat ke seluruh wilayah Asia-Pasifik, mengilhami era baru pembangunan pedesaan yang berkelanjutan yang ditingkatkan oleh teknologi," ucapnya.

Tags : Kemendes PDTT , Pedesaan