Anies Baswedan Ingatkan Aparat Negara Jaga Kepercayaan Rakyat

| Jum'at, 17/11/2023 22:30 WIB
Anies Baswedan Ingatkan Aparat Negara Jaga Kepercayaan Rakyat Anies Baswedan (Calon Presiden RI). (Foto: twitter @aniesbaswedan)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 1, Anies Baswedan mengingatkan para aparat negara untuk menjaga kepercayaan rakyat. Ia mengimbau agar aparat negara bersikap netral agar kepercayaan rakyat tetap terjaga.

"Ketika aparat negara tidak lagi bersikap netral, yang kemudian jadi korban adalah lembaga negara. Itu yang menurunkan kepercayaan rakyat pada negara," kata Anies dalam keterangannya seperti dilansir dari antaranews, Jumat, 17 November 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan untuk aparat negara yang memiliki aspirasi pribadi agar tidak menggunakan kewenangan negara yang melekat pada dirinya. "Bila Anda ingin memiliki aspirasi pribadi, mundur dari negara. Laksanakan aspirasi pribadi Anda," tegasnya.

Pesan tersebut disampaikan capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu menanggapi keriuhan di media sosial terkait oknum kepala daerah yang diduga tidak netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Anies berpendapat, jika ada penjabat menggunakan negara untuk aspirasi pribadi, maka sikap itu dianggap telah merendahkan negara, menurunkan derajat negara dan lebih parah lagi membuat rakyat tidak percaya pada negara. "Bedakan kepentingan pribadi dengan kepentingan negara, begitu seseorang dilantik di sumpah, maka tanda tangannya, ucapannya, perbuatannya adalah atas nama negara bukan atas nama pribadi," ungkapnya.

Tags : Anies Baswedan , Aparat Negara , Netralitas , Pemilu