Wapres Maruf Amin Ajak Pemimpin Agama Yunani Akhiri Konflik Israel-Palestina

| Jum'at, 24/11/2023 23:35 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Pemimpin Agama Yunani Akhiri Konflik Israel-Palestina KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin  mengajak pemimpin agama di Yunani untuk bersama memberikan kontribusi guna mengakhiri konflik Israel-Palestina.

"Konflik ini bukanlah konflik agama, namun dibutuhkan kontribusi bersama, termasuk dari pemimpin agama untuk penyelesaiannya," kata Wapres saat bertemu dengan Uskup Agung Athena dan seluruh Yunani, Ieronymos II di Athena, Yunani, Kamis, 23 November 2023 waktu setempat.

Diungkapkannya, dunia membutuhkan kontribusi semua pihak, termasuk dari para pemimpin agama, untuk menyelesaikan konflik Israel dan Palestina. "Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan dan penyaluran bantuan kemanusiaan harus menjadi prioritas utama," tuturnya.

Indonesia, kata Wapres, telah dengan tegas mengecam keras serangan Israel terhadap masyarakat sipil dan fasilitas umum di Gaza, Palestina. Lebih lanjut Wapres juga menyinggung kesamaan Indonesia dan Yunani dalam menjaga keberagaman beragama.

Wapres kemudian mempromosikan bagaimana Indonesia menjaga kerukunan dalam keberagaman, dengan memanfaatkan organ-organ pemerintah dan himpunan dari majelis agama.  "Kita ada Kementerian Agama yang di dalamnya ada Dirjen-dirjen Islam, ada Dirjen Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan juga forum komunikasi antarumat beragama yang merupakan himpunan dari majelis-majelis agama seperti dari MUI, KWI, PGI, untuk kalau ada konflik, untuk mencegah terjadinya konflik, atau menyelesaikan kalau terjadi konflik," ungkapnya.

Tags : Wapres RI , Yunani , Agama , Konflik , Israel , Palestina