Komisi VIII DPR RI Minta BPKH Aktif Tekan Biaya Haji

| Senin, 04/12/2023 17:46 WIB
Komisi VIII DPR RI Minta BPKH Aktif Tekan Biaya Haji Jemaah Haji Indonesia. (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VIII DPR RI, John Kenedy Azis meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berperan aktif dalam menekan biaya haji. Menurutnya, BPKH tidak maksimal dalam mengelola keuangan haji yang meliputi: penerimaan, pengembangan dan pertanggungjawaban keuangan haji.

"Harusnya BPKH itu aktif ya, jangan hanya diam saja terutama dalam kenaikan biaya haji," ujarnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan BPKH di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Ia mengatakan, salah satu tantangan hukum yang dihadapi BPKH saat ini adalah posisinya yang berada sebagai lembaga independen di luar pemerintah. Namun di sisi lain, kata John harus menjalankan kewenangan yang sebelumnya menjadi tanggung jawab dari  pemerintah.

"Ibadah haji itu akan terus ada sampai kiamat, misalnya biaya haji naik BPKH harus tunjukan jika tidak setuju dan mecari alternatif lain untuk menekan biaya seperti akomodasi, pesawat dan biaya penginapan," terangnya.

Politsi Partai Golkar ini menambahkan, tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya umat muslim mempertanyakan kemana dana haji itu di bawa, mengingat dananya yang luar biasa banyak.

"Banyak yang menanyakan pak kemana dana haji itu dibawa, jangan sampai masyarakat berpikir bahwa keuangan haji itu tidak dioptimalkan secara baik," tukasnya.

Tags : DPR RI , BPKH , Biaya Haji , Indonesia