Haedar Nashir Minta Peserta Pemilu Wujudkan Pemilihan umum Bermartabat

| Minggu, 07/01/2024 18:15 WIB
Haedar Nashir Minta Peserta Pemilu Wujudkan Pemilihan umum Bermartabat Haedar Nashir (Ketua Umum PP Muhammadiyah). (Foto: TVMU)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengajak kepada seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden (Pilpres) untuk bersikap ksatria mewujudkan kontestasi yang bermartabat.

Haedar Nashir di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, mengatakan pada Pemilu 2024 , baik pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres), dirinya mengajak untuk berpemilu dan berkontestasi dengan langsung umum bebas rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil), serta bermartabat dan beretika luhur agar tidak menabrak dasar negara, konstitusi dan nilai-nilai dasar negara.

"Berkontestasilah dengan ksatria sebagai negarawan, baik untuk pileg dan pilpres. Jangan menang untuk menang, apalagi menang dengan menghalalkan segala cara," kata Haedar Nashir dilansir dari antaranews, Minggu, 7 Januari 2024.

Ia mengatakan, Indonesia telah melaksanakan pemilu ke enam ini di Era Reformasi, belum dihitung pada Era Orde Lama dan Orde Baru. "Untuk itu, jadilah kontestan-kontestan yang betul-betul menjadi teladan bagi bangsa ini, menjadi negarawan. Maka jaga pemilu ini," tukasnya.

Haedar berharap kepada penyelenggara Pemilu 2024, KPU dan Bawaslu benar mengawal pemilu ini supaya berjalan dengan baik, makin jujur dan adil, dan jauh dari penyimpangan dan kecurangan.

"Jadi kalau kita berpemilu tidak sejalan dengan aturan lagi, maka betapa menurunnya kualitas pemilu," tuturnya.

Sikap Muhammadiyah pada Pileg dan Pilpres 2024, kata Haedar, Muhammadiyah tetap sebagai organisasi yang non-partisan dan itu dipahami oleh seluruh warga, bahkan oleh rakyat Indonesia, dan berbagai pihak bahwa Muhammadiyah tetap menjaga kepribadiannya, yakni tidak dukung mendukung, apalagi partisipan.

Selanjutnya, Muhammadiyah tetap menjaga nilai-nilai berbangsa dan bernegara, termasuk pemilu. "Maka kami harapkan bahwa selain Muhammadiyah, institusi negara juga harus non-partisan agar negara ini terawat menjadi milik semua," tegas Haedar.

Tags : PP Muhammadiyah , Pemilu , Pilpres , Indonesia

Berita Terkait