Hasil Survei Starpoll: Anies-Muhaimin Hanya Selisih 2,3 Persen dari Prabowo-Gibran

| Selasa, 16/01/2024 21:31 WIB
Hasil Survei Starpoll: Anies-Muhaimin Hanya Selisih 2,3 Persen dari Prabowo-Gibran Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Pasangan Capres dan Cawapres RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) StarPoll merilis hasil survei elektabilitas Pasangan calon (Paslon) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, elektabilitas paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN terus naik dan menggerus elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Pada hasil survei tersebut, Prabowo-Gibran memiliki perolehan 35,5 persen, kemudian Anies-Muhaimin memiliki suara sebanyak 33,2 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 16,8 persen.

Survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan mewawancarai 2.500 orang yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun wawancara dilaksanakan secara tatap muka di 38 provinsi di Indonesia, dan pada metode survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan data tersebut, peneliti StarPoll, Kurniawan Zein mengaku bahwa pemilihan presiden akan berlangsung 2 putaran. Pasalnya, ketiga pasangan calon tersebut masih berada di bawah angka 40 persen. 

"Saya pesimis pemilu dapat dimenangkan satu putaran oleh ketiga paslon, apabila memperhatikan peta elektabilitas mutakhir," katanya.

"Tapi yang jelas pasangan calon AMIN mampu menggerus basis suara tradisional Prabowo yang telah mengikuti Pilpres setidaknya dalam 1 dekade terakhir, pemilu 2014 dan 2019 yang lalu," tutupnya.

Tags : Survei , StarPoll , Elektabilitas , AMIN , Pilpres