Timnas AMIN Bocorkan Program Pembangunan Infrastruktur Kereta Api, Seperti Apa?

| Jum'at, 19/01/2024 19:19 WIB
Timnas AMIN Bocorkan Program Pembangunan Infrastruktur Kereta Api, Seperti Apa? Thomas Lembong (Co-Captain Timnas AMIN). (Foto: Kabar.id)

RADARBANGSA.COM - Timnas AMIN (Tim pemenangan nasional pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) membocorkan program pembangunan infrastruktur kereta api di Indonesia. Pasalnya, biaya membangun jalur kereta api dinilai jauh lebih murah.

"Untuk bangun jalur kereta api, mungkin biayanya separuh dibandingkan dengan bangun jalan tol. Bahkan bisa sepertiga atau seperlima," kata Co-captain Timnas AMIN Thomas Lembong dalam diskusi di Jakarta, Jumat, 19 Januari 2024.

Adapun Diskusi yang digelar Forum Komunitas Pengusaha Nasional ini mengusung tema strategi kebijakan perdagangan dan perindustrian koalisi perubahan menuju Indonesia Emas 2045. Turut hadir sebagai pengusaha bidang teknologi Ilham Habibie.

Mantan Menteri Investasi itu menjelaskan dalam berbagai safari politik, Anies Baswedan mulai menjanjikan transportasi kereta api. Menurut Thomas Lembong, Anies melihat beberapa kota di Indonesia, masih memiliki infrastruktur jalur kereta api peninggalan zaman kolonial.

Diterangkannya, indeks kinerja logistik Indonesia malah menurun, walaupun ratusan triliun anggaran negara dialokasikan untuk pembangunan jalan tol. Sementara, jika anggaran itu dapat efektif jika digunakan untuk pembangunan infrastruktur kereta api. Lanjut dia, ada beberapa kelebihan dari kereta api dimana hal utama transportasi untuk penumpang.

"Di media sosial semakin populer sebagai moda transportasi, apalagi inovasi-inovasi dari PT KAI dengan gerbong panoramic, yang kacanya transparan bisa menikmati pemandangan. Gerbong yang bisnis clas dan first class. Bahkan kalau mau, bisa menyewa satu gerbong untuk keluarga," ungkapnya.

Alasan lain lanjut Thomas, infrastruktur kereta api bisa digunakan untuk pengangkutan logistik. Karena banyak sekali kereta, digunakan untuk angkutan kargo, dimana kontainer langsung ditaruh di atas kereta api.

"Kami semakin percaya, bahwa data dan analisa moda transportasi yang lebih efisien dan ampuh adalah kereta api," tegasnya seperti dilansir dari antaranews.

Tags : Timnas AMIN , Program , Thomas Lembong , Kereta Api

Berita Terkait