Atasi Kemacetan, Pemerintah Dorong Pembangunan Konsep TOD di Jabodetabek

| Kamis, 07/03/2024 19:31 WIB
Atasi Kemacetan, Pemerintah Dorong Pembangunan Konsep TOD di Jabodetabek Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mendorong pembangunan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) di Jabodetabek. 

“Kawasan ini akan terintegrasi dengan pemukiman, perkantoran, rumah sakit, area komersial, serta simpul transportasi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

Menurut Menhub Budi, pembangunan berkonsep TOD diharapkan menjadi solusi mengatasi kemacetan dan memudahkan masyarakat dalam mengakses angkutan umum massal. Menurutnya, jajarannya akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memasarkan TOD ini.

"Rencananya pada April mendatang, kami akan mengajak beberapa tim dari Provinsi DKI Jakarta untuk memasarkan TOD kepada pemerintah Jepang dan beberapa investor potensial untuk pengembangan di sepanjang jalur MRT North - South dan East - West Jakarta," ujarnya.

Menhub Budi mengatakan, pembangunan berkonsep TOD di kota-kota besar seperti Jakarta harus dilakukan mengingat perkembangan situasi dan keterbatasan lahan. 

“Kawasan Jabodetabek yang terdiri dari 3 provinsi dan 8 kabupaten/kota, telah menjadi wilayah aglomerasi dengan intensitas pergerakan yang tinggi, sehingga saling memiliki ketergantungan mulai dari aktivitas sosial, pendidikan, dan ekonomi,” tukasnya.

Tags : Kemacetan , Transportasi Massal

Berita Terkait