Indonesia Kirimkan Peralatan Medis dan Obat-obatan untuk Palestina-Sudan

| Rabu, 03/04/2024 20:10 WIB
Indonesia Kirimkan Peralatan Medis dan Obat-obatan untuk Palestina-Sudan Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia mengirim peralatan medis dan obat-obatan untuk Palestina dan Sudan dengan total nilai Rp30 miliar untuk kedua negara. Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan tersebut dikirim dengan dua pesawat untuk membantu konflik internal di Sudan, serta untuk membantu pengungsi Palestina yang berada di Mesir.

"Untuk Palestina 30 jenis peralatan medis, untuk prosedur medis seperti operasi, bank darah dan perlengkapan mobil ambulans," kata Menlu Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo melepas bantuan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 3 April 2024.

Selain bantuan untuk Palestina yang dikirim melalui Mesir, Pemerintah Indonesia juga mengirimkan 230 jenis obat-obatan untuk menangani pasien gawat darurat, onkologi medis, kronis medis, perlengkapan suplai bank darah, serta perlengkapan medis lainnya.

Bantuan kemanusiaan ini akan diberangkatkan pada Kamis (4/4) dengan menggunakan dua pesawat Garuda Indonesia yakni masing-masing tiba di Sudan dan Kairo. Bantuan itu nantinya akan diterima langsung oleh menteri kesehatan setempat.

Menurut Retno, bantuan alat kesehatan dan obat-obatan ke Sudan dan Mesir ini yang memang diperlukan karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

"Kita selalu memberikan bantuan dengan permintaannya supaya 'match' karena banyak sekali bantuan yang didapat tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan," ujar Menlu.

Tags : Menlu RI , Indonesia , Bantuan , Palestina , Sudan