Tingkatkan Program Kejuruan, Indonesia-Austria Jalin Kerja Sama Pelatihan Vokasi

| Rabu, 08/05/2024 19:41 WIB
Tingkatkan Program Kejuruan, Indonesia-Austria Jalin Kerja Sama Pelatihan Vokasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Pemerintah Austria melakukan kerja sama di bidang pelatihan vokasi di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar.

"Pengembangan BLK maritim ini disiapkan untuk mengembangkan pekerja yang mampu menjawab kesempatan kerja yang dibangun pemerintah Indonesia dan Austria, " ujar Ida Fauziyah di BBPVP Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/5/2024) kemarin.

Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan bahwa kerja sama ini menandai seluruh pembangunan workshop pengadaan peralatan pelatihan dan pengembangan lima program kejuruan yakni kejuruan listrik, otomotif, las, wood working, dan manufaktur.

"Melalui BLK maritim ini, salah satu kerja sama dengan Austria, kami ingin mendorong prioritas pengembangan sektor maritim. Semoga kerja sama ini dapat menjadi saksi dan komitmen kita bersama dalam berkolaborasi untuk peningkatan kompetensi dan daya saing SDM di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Dirjen Binalavotas Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, melalui kerja sama ini kapasitas latih BBVP Makassar untuk kejuruan las dan listrik dengan standar Austria bertambah 496 orang per tahun.

"Keseluruhan pekerjaan dari keempat komponen tersebut diatas, saat ini telah selesai dan pelatihan untuk semua kejuruan bagi pencaker telah siap untuk dilaksanakan, " ujar Anwar Sanusi.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan