Dari Desa Untuk Kemajuan Bangsa

| Minggu, 17/12/2017 16:15 WIB
Dari Desa Untuk Kemajuan Bangsa Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

TUBAN, RADARBANGSA.COM - Berbicara mengenai kemajuan suatu negara, tidak akan luput dari pembahasan pembangunan nasional. Hal ini erat kaitannya dengan pembangunan yang terjadi disetiap daerah dalam lingkup suatu negara.

Pembangunan nasional dapat dikatakan berhasil apabila desa yang merupakan lingkup terkecil dari suatu negara telah diperhatikan dengan baik dari sisi kemajuan dan kemandiriannya di berbagai bidang.

Desa merupakan suatu organisasi pemerintah yang secara politis memiliki kewenangan tertentu untuk mengurus dan mengatur warga atau kelompoknya. Dengan posisi tersebut, desa memiliki peranan penting dalam menunjang kesuksesan pemerintah nasional secara luas, bahkan desa merupakan garda terdepan dalam menggapai keberhasilan dari segala urusan dan program dari pemerintah.

Dalam aspek ekonomis, keberadaan desa sangat memegang peran penting, terutama sebagai salah satu indikator kuat atau lemahnya perekonomian suatu daerah atau bahkan negara ini.

Dalam aspek politis, desa bisa menjadi indikator suara sekaligus aspirasi dasar rakyat yang tidak boleh dihiraukan, meskipun ada lapisan masyarakat lainnya seperti di perkotaan.

Oleh karena itu, desa merupakan miniature bagi pemerintahan. Sesuatu bermula pada sesuatu yang sederhana dan kecil, kemudian meretas kesesuatu yang lebih besar, sehingga dari sebuah desa kita mampu melihat dan meneropong seberapa kemajuan dan kesejahteraan sebuah negara.

Pembangunan nasional yang ditujukan terhadap pembangunan desa tentunya akan tergantung pada pendanaan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Melalui program pemerintah dengan adanya Dana Desa yang dialokasikan ke desa-desa di berbagai wilayah, bisa bermanfa’at untuk menunjang perkembangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Anggaran pemerintah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) diberikan kepada desa terkait sepenuhnya adalah untuk fasilitas pembangunan dan pemberdayaan desa sebagai salah satu lembaga yang andil dalam format kepemerintahan. Dan dari sinilah desa mempunyai kewenangan mengelola dan mempergunakannya untuk pembangunan desanya.

Kaitannya dengan pembangunan desa, peran partisipasi masyarakat sangat penting dalam pembangunan, mengingat masyarakat setempatlah yang lebih mengetahui berbagai permasalahan dan potensi sumberdaya yang ada sehingga memudahkan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Dengan adanya peran partisipasi masyarakat, maka hasil dari pembangunan yang dilakukan nantinya diharapkan dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari masyarakat.

Namun ada sebagian desa dalam hal penggunaan dan pengelolaannya masih minim terkait dengan keterlibatan atau partisipasi masyarakat. Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana desa karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah desa mengenai program dana desa dan faktor pendidikan, sehingga masyarakat kurang paham dengan program dana desa tersebut. Hal inilah yang menyebabkan banyak terjadi penyelewengan karena kurangnya pengawasan dari masyarakat, sehingga penggunaan dan pengelolaannya kurang tepat sasaran.

Oleh karena itu, penting bagi aparatur desa untuk diberikan pemahaman-pemahaman penggunaan dan pengelolaannya, termasuk juga warganya bahwa mereka punya hak untuk juga terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaannya agar nantinya bisa menjadi suatu keberhasilan dalam program pembangunan desa yang menjadi ujung tombak pembangunan nasional.

(OLeh: Tanto, Tuban)

Tags : Pembangunan Desa ,

Berita Terkait