Erick Thohir Ingin Dana CSR BUMN Fokus ke Sektor Pendidikan

| Sabtu, 14/12/2019 19:21 WIB
Erick Thohir Ingin Dana CSR BUMN Fokus ke Sektor Pendidikan Erick Thohir (Menteri BUMN). (Foto: twitter @negativisme)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa saat ini dana Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN yang mengalir ke sektor pendidikan baru 22% setiap tahun dan sektor lingkungan 1%. Menurutnya, dana CSR selama ini belum fokus pada dua sektor tersebut.

"CSR di BUMN ini yang spread out-nya selama ini kemana-mana mau saya betulkan dan fokus ke sektor pendidikan," kata Erick saat menghadiri acara Millenial Fest 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu, 14 Desember 2019.

Baca Juga: Dukung Keputusan Erick Thohir, DPR: Saatnya Garuda Ditata Lebih Baik

Disampaikannya, BUMN saat ini memiliki dana CSR yang cukup besar. Erick menilai, penyebaran CSR sejauh ini masih berpusat di Jawa, padahal anak-anak diluar Jawa juga perlu mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.

"Makanya kita mau naikkan CSR pendidikan kalau bisa 30%, lingkungan 5%. Boleh dong menteri baru fokus ke situ," ujarnya.

Erick mengungkapkan, untuk pendidikan nantinya bis aberkoordinasi dengan Perguruan Tinggi dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang sudah ada. Dia mencontohkan kolaborasi Pertamina bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bisa menggandeng salah satu fakultas di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Pecat Dirut Garuda Indonesia

Selain itu, CSR menurutnya harus lebih banyak memberikan manfaat pada rakyat. Sehingga, ke depan semuanya harus di sinergikan.

"Kita berkontribusi besar untuk pembangunan bangsa Rp467 triliun dari dividen dan pajak. Tapi mana kue yang besar? Ini yang mau disinergikan. Kita harus Moving Forward," tuturnya.

Tags : Erick Thohir , BUMN , CSR , Pendidikan

Berita Terkait